7 karakteristik Hubungan Baik

Hubungan sangat penting jika Anda ingin hidup Anda sepenuhnya. Bahkan, hubungan harus menjadi prioritas utama Anda . Itu sebabnya kita semua harus belajar bagaimana membangun hubungan yang baik. Hubungan yang baik tidak hanya membantu kita memenuhi kebutuhan kita tetapi juga membuat hidup kita lebih memuaskan.

Salah satu cara untuk membangun hubungan yang baik adalah dengan belajar karakteristik mereka. Dengan memahami karakteristik mereka, kita akan lebih siap untuk membangun hubungan yang baik dalam kehidupan kita.

Di sini saya menggunakan istilah “hubungan” dalam arti luas. Mengapa? Karena prinsip-prinsip hubungan yang baik bersifat universal. Mereka tidak hanya berlaku untuk hubungan romantis, tapi juga untuk persahabatan dan hubungan bisnis.

Jika Anda melihat pada titik-titik di bawah ini, Anda akan melihat karakteristik yang mendasari hubungan yang baik. Hubungan yang baik melibatkan “kedua belah pihak”. Sementara satu sisi dapat mengambil inisiatif, masih memerlukan pihak lain untuk membuat hubungan yang baik. Hanya dengan bekerja bersama-sama dapat hubungan mencapai potensi penuh.

Tanpa basa-basi lagi, di sini adalah tujuh karakteristik dari hubungan yang baik:

1. Kedua belah pihak melihat hubungan sebagai sebuah kesempatan untuk memberikan

Salah satu masalah hubungan dasar adalah keegoisan. Bagaimana egoisme terjadi? Menurut pendapat saya, egoisme terjadi ketika seseorang berfokus pada mendapatkan lebih daripada memberi. Para orang yang lebih berfokus pada mendapatkan, semakin egois ia menjadi. Itu sebabnya keinginan untuk memberikan sangat penting untuk hubungan yang baik. Kedua belah pihak harus melihat hubungan sebagai kesempatan untuk memberi. Ini adalah fondasi yang lainnya di bawah titik dibangun.

2. Kedua belah pihak bersedia untuk mengubah

Tidak ada yang sempurna tapi semua orang bisa tumbuh.Dalam sebuah hubungan yang baik, kedua belah pihak bersedia untuk berubah.Mereka menyadari bahwa mereka tidak sempurna dan masih banyak ruang untuk perbaikan. Alih-alih menyalahkan pasangan mereka ketika sesuatu berjalan salah, mereka melihat ke dalam untuk melihat apakah ada sesuatu yang mereka bisa berubah. Ketika kedua belah pihak memiliki sikap ini, hubungan tumbuh lebih kuat dan lebih kuat.

3. Kedua belah pihak bersedia untuk mengakui kesalahan

Dalam sebuah hubungan yang baik, kedua belah pihak tidak takut untuk mengakui kesalahan. Alih-alih defensif, mereka secara terbuka mengakui kesalahan yang mereka buat. Mereka kemudian dapat bekerja sama untuk memperbaiki kesalahan. Ini, tentu saja, tidak mudah dilakukan. Dibutuhkan hati yang rendah hati untuk mengakui kesalahan.

4. Kedua belah pihak bersedia mendengarkan dulu

Dalam sebuah hubungan yang baik, kedua belah pihak menjadi pendengar yang baik.. Mereka bersedia untuk memahami posisi pasangan mereka terlebih dahulu sebelum mencoba mengerti. Melakukan ini adalah lebih mudah bila kedua belah pihak melihat hubungan sebagai sebuah kesempatan untuk memberikan (karakteristik # 1).

5. Kedua belah pihak saling mendukung

Tidak hanya kedua belah pihak bersedia untuk mendengarkan, tetapi juga mereka memberikan apa kebutuhan pasangan mereka. Hukum timbal balik menyatakan bahwa ketika kita berbuat baik kepada orang lain mereka juga akan berbuat baik kepada kita.. Kita menuai apa yang kita tabur. Dengan mendukung satu sama lain, kedua belah pihak dalam hubungan tersebut mendapatkan apa yang mereka butuhkan.

6. Kedua belah pihak saling terbuka

Kesalahpahaman adalah salah satu masalah hubungan dasar . Itulah mengapa sangat penting bahwa kedua belah pihak terbuka satu sama lain. Ketika mereka memiliki sesuatu yang mereka tidak sukai dari pasangan mereka, mereka harus berkomunikasi itu bukan hanya menyimpannya dalam hati mereka. Tentu saja, mereka harus melakukannya dengan cara hormat agar tidak menyinggung perasaan pasangan mereka. Bagian empat dari Bagaimana Mencari Kawan dan Mempengaruhi Orang (yang saya review minggu lalu) memberikan kita tips tentang cara untuk melakukan itu.

7. Kedua belah pihak memiliki integritas

Dalam sebuah hubungan yang baik, kedua belah pihak bertindak sesuai dengan apa yang mereka pikirkan dan katakan. Mereka menepati janji mereka. Hal ini penting karena mereka dapat saling percaya. This trust makes the relationship strong. Kepercayaan ini membuat hubungan yang kuat.

*** ***

Hubungan yang memiliki karakteristik ini akan tumbuh lebih kuat dari waktu ke waktu. Hubungan akan bermanfaat bukan hanya untuk orang yang terlibat, tetapi juga bagi orang-orang di sekitar mereka. Mengapa? Karena dengan bekerja bersama-sama mereka dapat menghasilkan nilai lebih daripada yang pernah mereka dapat melakukannya sendiri. Orang-orang di sekitar mereka akan mendapatkan manfaat dari nilai ini meningkat.

Sekarang kita telah melihat beberapa karakteristik dari hubungan yang baik, apa yang harus kita lakukan? Bagaimana kita bisa membangun hubungan yang baik? Jawabannya adalah kita harus mulai dengan diri kita sendiri. Sangat sulit untuk mengubah orang lain, tapi kita selalu bisa mengubah diri kita sendiri. Mulai menerapkan karakteristik di atas dalam hidup Anda. Jika Anda melakukan itu, orang-orang yang berhubungan dengan Anda akan melihat dan akhirnya melakukan hal yang sama kepada Anda.

Melihat poin di atas, di sini adalah apa yang harus Anda lakukan:

  1. Lihat hubungan sebagai sebuah kesempatan untuk memberikan
  2. Bersedia untuk mengubah
  3. Bersedia untuk mengakui kesalahan Anda
  4. Dengar pertama
  5. Dukungan pasangan Anda
  6. Terbuka bagi pasangan Anda
  7. Memiliki integritas

Jika Anda melakukannya, Anda akan menjadi pembangun hubungan yang baik.

di translate dari http://www.lifeoptimizer.org/2008/08/25/good-relationships/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: